Rabu, 17 Oktober 2012

Biografi - Adi Dassler



Adi Dassler
  Adi Dassler lahir di Herzogenaurach,  jerman, 3 november 1900. Ia empunyai nama asli Adolf Dassler, karena orang jerman sering memanggil nama Adolf sebagai Adi ia menjadi lebih dikenal dengan nama Adi Dassler. ayahnya bernama Cristoph, ayahnya-lah yang mengajarinya membuat sepatu pertama kali.
   Pada tahun 1920, di ruang cuci milik ibunya, ia memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuat sepatu olahraga. Karena kualitas sepatunya yang baik, bisnis tersebut akhirnya mulai membuahkan hasil. Pada tahun 1924 Adi mendirikan Dassler Brothers Shoe Factory bersama adiknya Rudolf Dassler.



    Pada tahun 1925 Adi membuat sepatu yang memiliki alur pada telapaknya. Sepatu kreasinya tersebut diperkenalkan pada Olimpiade 1928 di Amsterdam. Pada Olimpiade 1936 di Berlin, atlet amerika serikat, Jesse Owens, meraih emas karena memakai sepatu karya Adi. Peristiwa ini menjadi puncak ketenaran sepatu karya Adi sekaligus mengibarkan nama Dassler Brothers.
   Namun pada tahun 1928, dikarenakan suatu perseteruan yang tidak diketahui alasannya, mereka memutuskan berpisah. Setelah itu pada tahun 1949 Adi mendirikan perusahaan sendiri dengan merek "Adidas", sementara Rudolf mendirikan perusahaan dengan merek "Puma".
     Tahun 1953, Adi menggagas sepatu sepak bola yang memiliki gerigi. Berkat sepatu sepak bola bergerigi kreasinya tersebut, Jerman menjuarai Piala Dunia 1955 di Swiss. Setelah bertahun-tahun menjalani liku-liku perkembangan uasaha, pada tahun 1996, Adidas mengalami modernisasi dengan menerapkan konsep "We Knew than We Know", yang kurang lebih menggambarkan kesuksesan masa lalu dan kejayaan hingga kini
Selain sepatu sepak bola, Adi juga memiliki sekitar 700 hak paten terkait sepatu olahraga.
     Adi Dassler meninggal dunia di  Herzogenaurach, Jerman, 6 september 1978. Sepeninggalnya, manajemen perusahaan diambil alih oleh putera dan menantunya. Pada tahun 1989 Adidas diubah menjadi perusahaan terbatas swasta, namun tetap menjadi hak milik keluarga hingga penawaran umum perdana pada tahun 1995.


3 Logo Adidas Pertama

puma+logo_1.jpg (1499×1312)

Logo Puma Pertama


0 komentar:

Posting Komentar